Transformasi Digital Bisnis: Persiapan untuk Tumbuh Lebih Besar

by | May 29, 2023 | Business | 0 comments

Seputar Transformasi Digital dalam Bisnis/Perusahaan

Saat ini, hampir semua orang (terutama di kota-kota besar) tidak bisa hidup tanpa gadget. Mulai dari untuk komunikasi, belanja, apalagi hiburan. Hal ini tidak lain karena pesatnya transformasi digital di berbagai lini kehidupan manusia dalam satu dekade belakang. Perubahan ini tentunya berdampak besar juga terhadap perkembangan bisnis. Pelaku bisnis mau tidak mau harus melakukan transformasi digital juga dalam rangka mensiasati perubahan perilaku konsumen.

Transformasi digital bisnis sendiri adalah sebuah usaha yang dilakukan pelaku bisnis/perusahaan untuk mengintegrasikan teknologi digital di berbagai aspek bisnis mereka. Proses ini bisa berupa membuka channel-channel digital untuk menjaring pemasaran, membangun sistem database digital, membuat produk digital berupa website/aplikasi, hingga memanfaatkan teknologi AI untuk efisiensi proses bisnis.

Dampak dan Manfaat dari Transformasi Digital pada Bisnis

Ada 3 hal yang menjadi alasan utama mengapa bisnis perlu melakukan Transformasi Digital:

1. Meningkatkan Kenyamanan dan Pengalaman Konsumen melalui Pengolahan Data

Saat ini, konsumen semakin nyaman dengan proses yang serba digital. Di satu sisi, melalui platform digital pelaku bisnis bisa mengolah berbagai data untuk memahami perilaku pengguna. Data digital ini bisa memberikan gambaran yang mungkin sebelumnya tidak terlihat.

Dengan demikian bisnis bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik serta penawaran produk yang lebih tepat, sehingga menarik minat konsumen.

2. Efisiensi Kerja dan Penghematan Biaya

Dengan berbagai teknologi digital, bisnis bisa mengautomasi proses pencatatan, pengelolaan data, komunikasi, dan sebagainya. Berbagai efisiensi ini bisa menghemat waktu pengerjaan, meningkatkan produktifitas, serta berdampak besar dalam mengurangi pengeluaran perusahaan. Pelaku bisnis pada akhirnya bisa fokus hanya kepada hal-hal besar dan strategis untuk mengembangkan bisnis.

3. Akses Pasar dan Model Bisnis

Transformasi Digital tentunya membuka banyak channel marketing baru bagi bisnis. Pengguna yang tadinya hanya terbatas pada satu lokasi tertentu, sekarang bisa berkembang jadi lebih luas di berbagai daerah. Selain itu, saat ini banyak model bisnis baru yang bisa diterapkan oleh pelaku bisnis digital, seperti adanya biaya langganan (subscription) atau admin fee per transaksi.

Tranformasi Digital = Adaptasi untuk Bertahan Lebih Kuat

Untuk tetap bisa kompetitif di era digital, merancang rencana transformasi digital adalah sebuah strategi bisnis yang penting dan tak boleh ditunda. Tidak ada jaminan dan kepastian akan perubahan-perubahan yang akan terjadi di masa depan terhadap bisnis kita.

Saat ini, semuanya berubah serba cepat! Jadi kita harus selalu siap.

Kita bisa lihat pada saat pandemi Covid lalu, bisnis yang lebih bisa bertahan adalah mereka yang sudah terbiasa dengan “transformasi digital”. Mempersiapkan berbagai inisiasi digital akan membuat kita lebih mampu bertahan di kondisi yang tidak pasti, serta siap dengan segala peluang dan potensi bisnis baru yang akan datang.

Contact Us!

Perusahaanmu butuh software berupa website/aplikasi/dashboard untuk pengembangan bisnis?
Ingin custom software sesuai kebutuhan?
Hubungi kami di https://ozip.co.id/contact-us/!
(FREE KONSULTASI)